Kesempatan Untuk Mengoreksi Arah Kiblat

gosign.co.id – Muslim Hari ini kesempatan untuk melakukan perbaikan arah kiblat. Karena, menurut Direktur Urusan Islam dan Bimbingan Departemen Islam Departemen Agama, Muhammadiyah Amin, matahari akan lewat pas di atas Ka’bah, Makkah, Arab Saudi.

b

Acara ini kerap disebut kiblat roshdul, yang digunakan sebagai metode untuk menentukan arah kiblat. Biasanya, ia menjelaskan, kiblat roshdul sebenarnya berlangsung pada 27/28 Mei tiap-tiap tahun. Bayangan yang berdiri tegak saat itu mengarah tepat ke Ka’bah. Posisi matahari tepat di atas Ka’bah berlangsung pada 16:18 pm dan 17:18 pm, kata Amin. Menurut dia, takmir masjid atau musholla sanggup memanfaatkan momen ini untuk memverifikasi arah kiblat. Jika arah tidak benar, itu sanggup dikoreksi. Amin mengatakan bahwa tersedia tiga perihal yang perlu diperhatikan untuk memperbaiki arah kiblat. Pertama, objek sebagai standar berdiri tegak. Kedua, memanfaatkan banyak atau pendulum. Dan, ketiga, permukaan bawah perlu amat datar dan dan juga jam pengukuran cocok BMKG, RRI, atau Telkom. Menurut dia, pengukuran cuma sanggup ditunaikan di tempat Indonesia bagian barat dan tengah. Sementara itu, bagian timur Indonesia tidak mengalami kiblat roshdul dikarenakan gelap saat itu terjadi.

Ketua Komite Tetap NU Falakiyah Masroeri Ghazali menjelaskan, disaat matahari pas di atas Ka’bah, semua benda tegak bakal memperlihatkan arah kiblat. Seperti tongkat, bakal berakhir bayangannya bakal memperlihatkan arah yang benar kiblat. Ghazalie mengajak umat Islam di Indonesia untuk mengfungsikan kesempatan ini untuk mengukur arah kiblat Masjid, masjid dan area ibadah lainnya. Jika arah kiblat yang sejauh ini tidak mirip bersama dengan kiblat roshdul, ia menghendaki garis baris arah kiblat sesuai bersama dengan yang baru.

Terkait arah kiblat yang barangkali berubah, ia menyarankan tidak wajib merubah atau membongkar bangunan yang digunakan sebagai daerah ibadah. Kami cuma merubah atau memiringkan deretan garis yang ada, layaknya yang telah kerap ditunaikan di Indonesia, kata Kiai Ghazali. Kepala kelas Stasiun Geofisika saya BMKG Padang Panjang, Sumatera Barat, Rahmat Triyono mengatakan, untuk pengujian, ditunaikan bersama alat tegak lurus berbentuk di dalam wujud saham atau bangunan di tanah datar. Kemudian, menarik garis dari ujung bayangan hingga posisi tumpukan tegak sebelumnya, yang merupakan arah kiblat. Uji arah kiblat, dapat ditunaikan di 16:18 pm dikarenakan matahari sangat pas di atas Ka’bah. Ada toleransi sehari sebelum atau setelah.

Dalam setahun, matahari bergerak dari posisi tampak 23,5 derajat Lintang Selatan (LS) ke 23,5 derajat Lintang Utara (LU). Sebagai hasil dari gerakan jelas ini, pada tanggal tertentu matahari tepat di atas sebuah gedung atau kota yang posisinya antara 23,5-23,5 ┬áLU. Posisi Ka’bah terletak di 21 derajat 25 ’21 N dan 39 derajat 49 ’34 East sehingga dalam setahun matahari akan langsung di atas Ka’bah dua kali. Secara terpisah, Kepala Lapan (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional), Thomas Jamaluddin, mengatakan kiblat roshdul terjadi dua kali tahun ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*